Jaguar riset "baca" otak pengemudi

Jaguar riset baca otak pengemudi

Jakarta (Otolovers) - Jaguar Land Rover sedang melakukan penelitian untuk membaca "gelombang otak" pengemudi. Nantinya, komputer di kendaraan buatan Jaguar Land Rover bisa memantau jika pengemudi fokus, sedang melamun, mengantuk, atau, perhatiannya sedang tidak ke jalan.

Otak manusia secara terus menerus menghasilkan minimal empat gelombang dengan frekwensi berbeda. Komputer terus menerus memantau untuk tahu mana gelombang yang sedang dominnan, sehingga bisa mengetahui jika pengemudi fokus, sedang melamun, mengantuk, atau, perhatiannya sedang tidak ke jalan.

Jika selama ini metode mengetahui gelombang otak adalah dengan menempelkan sensor-sensor di kepala, Jaguar Land Rover sedang mengusahakan agar pendeteksian bisa lewat genggaman tangan di lingkar kemudi.

Saat sistem mendeteksi bahwa pengemudi mengantuk, melamun, atau perhatiannya tidak ke jalan, alarm getaran di setir akan aktif. Saat ini, inovasi tersebut sudah masuk tahap uji coba.

Riset lainnya dari Jaguar Land Rover adalah AIr Bubble, yaitu teknologi memanaskan atau mendinginkan, atau menjaga temperatur udara di kendaraan. dengan alias teknologi heating, ventilation and air-conditioning (HVAC).

Nantinya, udara dingin atau hangat disalurkan lewat kain di jok dan ada panel yang fungsinya menghangatkan kulit penumpang, jadi tak perlu memanaskan udara di keseluruhan kabin.

Jaguar Land Rover juga sedang mempersiapkan Predictive Infotainment, yaitu sistem dengan kemampuan bisa memperkirakan tombol infotainment
yang akan disentuh pengemudi. Guna sistem ini adalah agar mata pengemudi bisa tetap ke fokus ke jalan, tidak teralihkan ke layar monitor.

Sistem ini menggunakan beberapa kamera di dalam kabin untuk mendeteksi arah jari pengemudi serta lima gerakan sebelumnya.

Jaguar Land Rover akan menampilkan konsepnya yang paling "connected"  yaitu all-new XF dengan InControl Touch Pro, Jaguar Configurable Dynamics, All-Surface Progress Control, laser head-up display, autonomous emergency braking, adaptive cruise-control with queue-assist, lane keep-assist, intelligent speed limiter, semi-automated parking dan lainnya.

XF akan ditampilkan di acara WIRED2015 di London, berdampingan dengan konsep Jaguar C-X75 yang tampil di film James Bond terbaru, "SPECTRE".

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar