Buntut skandal emisi: Swiss larang peredaran beberapa model VW

Buntut skandal emisi: Swiss larang peredaran beberapa model VW

Ilustrasi

Jakarta (Otolovers) - Swiss telah melarang peredaran beberapa model mobil diesel Volkswagen sebagai reaksi atas terkuaknya skandal emisi produsen mobil Jerman itu di Amerika Serikat.

Swiss telah menghentikan penjualan banyak mobil VW dalam kategori Euro5, dimana sebagian besar mobil VW ketegori itu diduga berisi perangkat lunak (software defeat) yang berfungsi untuk mengelabuhi (lolos) uji emisi.

Dampak dari tindakan Swiss itu sekitar 180.000 mobil tidak akan dipasarkan atau diregistrasi, termasuk model bermesin diesel 1,2-liter dan 2,0-liter VW, Audi, Seat, dan brand Skoda.

Bagaimanapun, menurut laporan the Guardian, otoritas jalan raya federal Swiss, yang mengumumkan pelarangan itu, mengatakan bagi pengguna yang sudah memiliki mobil diesel VW tetap diperbolehkan dikendarai atau digunakan sehari-hari.

Negara-negara di dunia, termasuk Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris telah memulai investigasi emisi diesel sejak skandal terkuak dan mungkin pelarangan mobil-mobil VW diesel beredar bakal berlanjut.

Skandal emisi VW yang juga melibatkan Audi A3 diesel terkuak oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) beberapa waktu lalu.

Dalam surat peringatannya, EPA mengatakan bahwa beberapa model mobil VW termasuk Beetle telah ditanamkan perangkat lunak (software defeat) untuk bisa lolos uji emisi EPA, padahal dalam pengemudian normal mobil-mobil itu menghasilkan emisi 40 kali melebihi standar yang ditetapkan.

Di Inggris, mobil-mobil diesel VW emisinya diuji ulang.


COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar