GIIAS vs. IIMS siapa menang?

GIIAS vs. IIMS siapa menang?

foto : Seven Events/EO GIIAS

Jakarta (Otolovers) - GIIAS dan IIMS digelar bareng dan selesai bareng. Siapa menang?. Tentu kedua-duanya mengklaim penyelenggaraan sukses sesuai target.

Jika ada pihak yang memberikan penilaian, pastinya harus mempertimbangkan banyak hal; tidak hanya jumlah pengunjung dan jumlah transaksi. Kepuasan pengunjung seharusnya menjadi poin penilaian yang utama, selain soal "untung berapa banyak dari modal yang dikeluarkan."

Lagipula, tidak ada pihak independen yang memeriksa klaim jumlah pengunjung maupun jumlah transaksi.

GIIAS/Gaikindo Indonesia International Auto Show yang diselenggarakan di  gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE),  memang lebih luas yaitu 220 ribu meter persegi sedangkan IIMS/Indonesia International Motor Show di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat  

Soal pengunjung, GIIAS yang berlangsung 20-30 Agustus (11 hari) mengklaim didatangi 451.654 orang dengan transaksi dari 25 merek tercatat sebanyak 17.077 unit dengan nilai sebesar Rp5,455 trilyun.
IIMS yang berlangsung 19-30 Agustus (12 hari) diklaim dihadiri 356.648 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp1,338 triliun.

"Jumlah pengunjung itu sedikitnya ada tiga sumber yaitu dari tiket terjual, ada pengguna kartu ID baik itu undangan maupun tamu salah satu booth dan satu lagi adalah pemilik kartu tamu khusus. Itu sudah diaudit semua," kata Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS.

"Kalau saya puas dengan pencapaian tahun ini. Karena yang kasat mata ada dua faktor kan, dua pameran bersamaan dan kondisi perekonomian negara yang kurang baik," kata Hendra.

Sementara itu di tempat lain, Ketua Penyelenggara GIIAS, Johnny Darmawan gembira atas keberhasilan pameran itu.

"Angka pengunjung GIIAS 2015 berhasil menembus angka 400.000, karena awalnya GAIKINDO hanya menargetkan 380.000 pengunjung," tuturnya.

Para pengisi booth di GIIAS adalah para agen pemegang merek sehingga mereka bisa menampilkan mobil-mobil konsep yang didatangkan dari negara asalnya. Peluncuran model-model baru seperti Honda BR-V dilaksanakan di GIIAS meskipun model yang sama juga tersedia di IIMS.

Di IIMS, booth kebanyakan diisi oleh para dealer namun semua merek dan model juga tersedia.

Penjualan di kedua tempat itu juga bersaing. Datsun misalnya, pada Minggu sore sudah menjual 225 unit di GIIAS dan 180 unit di IIMS.

Terdapat juga agen pemegang merek yang memilih hadir di GIIAS maupun IIMS, yaitu Ford. Terdapat juga agen yang memilih tampil "full power" di IIMS yaitu Garansindo yang memegang merek Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, serta sepeda motor Italjet, Zero, dan skuter Peugeot.  

Penyelenggara GIIAS maupun IIMS juga menyediakan shuttle bus dari berbagai mall di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.GIIAS pada hari penutupan pameran melakukan undian tiket masuk yang berhadiah 1 unit All New Yaris  serta 1 unit All New Grand Livina.

Penyelenggara GIIAS mengatakan acara itu akan kembali digelar tahun depan pada  11 hingga 21 Agustus sedangkan panitia IIMS juga akan menggelar event tersebut tujuh bulan lagi, yaitu 8-17 April 2016 .

Hal itu tentunya disambut baik para agen pemegang merek karena kini mereka punya dua kali kesempatan pameran. "Kalau saja waktu IIMS dan GIIAS tidak bareng, tentu kami ikut berpartisipasi di keduanya," kata Presdir Tata Motors Indonesia, Biswadev Singupta dalam suatu obrolan dengan wartawan. Biaya bukan kendala utama untuk APM namun pengerahan sumber daya manusia dan mobil konsep ke dua tempat secara bersamaan tentu akan sangat repot.
 
"Konsep acaranya bakal sama, karena ini sudah menjadi trademark IIMS," kata Hendra. Artinya, konsep The Essence of Motor Show  kembali dilakukan sehingga IIMS bukan sekadar ajang jualan mobil baru tapi juga memberi kesempatan pada komunitas serta industri pendukung.

IIMS dan GIIAS masing-masing menyediakan area test drive. Soal atraksi, IIMS 2015 lebih bervariasi karena punya Otoblitz Indonesia Classic Car Show, Gajah Monster Show, Rock Crawling, Military Zone, Supermoto, Drift War, dan ASEAN Stunt Day. Di GIIAS, ada Supercar Taxi yang memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menjadi penumpang Lamborghini dan Ferrari. Ada juga 4X4 Challenge, Champion of Champions Race, dan  Live Modz Show Off ·

Jadi siapa yang menang? masing-masing punya keunggulan, dan seperti kami bilang (klik link ini): mau lihat mobil baru atau hiburan menarik?
 

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar