Kapan perlu periksa bagian-bagian penting mobil?

Kapan perlu periksa bagian-bagian penting mobil?

Ilustrasi: service rutin kendaraan

Jakarta (Otolovers) - Mobil memerlukan pemeriksaan dan perawatan rutin agar tidak ada masalah ketika otolovers menggunakannya untuk menjangkau tempat tertentu dengan tepat waktu.

Ada tiga hal utama yang sering menjadi pemicu masalah pada kebanyakan mobil, yakni seputar oli mesin, filter udara, dan coolant radiator. Tidak sedikit mobil yang mogok karena dipicu tiga faktor tersebut.

Para ahli permesinan menyebut tiga hal itu sebagai "top problem areas", karena kerusakan parah sampai harus mengganti komponen sering disulut oleh persoalan oli mesin, filter udara, dan radiator (pendingin).

Tapi ironisnya, berdasarkan survei terbaru Car Care Council, sebuah organisasi yang peduli keselamatan dan keamanan kendaraan, sebagian besar mobil-mobil yang didata sebagai sampel memiliki oli mesin kurang memadai.

Menurut survei tersebut, 25% di antara mobil-mobil yang diteliti, memiliki oli mesin lebih sedikit dari yang disarankan atau sudah kotor, 13% berpelumas rem kurang atau sudah terkontaminasi.

Kemudian, 18% di antaranya memiliki filter udara kotor, 17% memiliki perlindungan pendingin mesin tidak memadai atau air coolant kurang, 16% membutuhkan wiper baru, dan 27% punya cadangan air wiper kurang atau sudah terkontaminasi.

Lalu, kapan sebaiknya pemeriksaan rutin harus dilakukan agar semua bagian pada mobil-mobil otolovers dalam kondisi baik dan bisa awet? Berikut panduan mengenai waktu-waktu pemeriksaan ringan yang disarankan--untuk dalam kondisi normal.

Yang harus selalu diperiksa

* Lampu-lampu indikator pada dashboard
* Lampu-lampu penerangan
* Kondisi ban dan tekanan udaranya
* Air cadangan untuk wiper
* Volume/level oli mesin

Cek setiap 3 bulan/3.000 miles (4.800-an km)

* Minyak transmisi automatic
* Accu (baterai) dan kabel-kabel
* Belt
* Lampu indikator di dashboard
* Filter udara mesin
* Oli mesin
* Exhaust (knalpot)
* Hoses
* Lampu-lampu
* Minyak power steering
* Kondisi ban dan tekanan udaranya
* Air cadangan wiper

Cek setiap 6 bulan/6.000 miles

* Komponen Rem
* Filter udara kabin
* Pelumas chassis (kaki-kaki)
* Knalpot
* Instalasi dan selang-selang
* Kemudi dan suspensi
* Keselarasan roda
* Karet wiper.

Dengan pemeriksaan rutin seperti disarankan di atas, setidaknya otolovers bisa mendeteksi secara dini jika ada masalah pada kendaraan, meminimalkan kerusakan lebih parah, dan tentu mobil akan selalu dalam kondisi baik,

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar